Aplikasi Penilaian Kurikulum 2013 Terbaru (Revisi)

www.kurikulum2013.comze.com

Aplikasi Ujian Berbasis Komputer CBT dan Analisis Hasil Ulangan/Tes klik  di sini
 
Sistem Penilaian dalam Kurikulum 2013 akan mengalami perubahan. Utamnya pada penilaian sikap Spiritual dan sikap sosial yang penilainnya dilakukan oleh guru pengajar pendidikan Agama dan Pendidikan Kewarganegaraan (PKn). Semua guru mata pelajaran melakukan penilaian sikap melalui Jurnal. Cara melakukan penilaian sikap dilakukan dengan menilai siswa yang istimewa. Yang dimaksud istimewa disini yaitu siswa yang memiliki catatan ekstrim baik dan kurang. Siswa yang tidak emmiliki catatan khusus dari guru dianggap rata-rata atau Baik.
Beberapa Perubahan Penilaian dalam K13 yang akan diterapkan dalam tahun ini antara lain :
  • Penilaian Sikap
  • Ketuntasan Belajar
  • Mekanisme dan Prosedur
  • Pengolahan
  • Laporan Hasil Belajar

Konsep Penilaian 

Tujuan penilaian:
  • Formatif(membentuk karakter dan perilaku, menjadikan peserta didik sebagai pembelajar sepanjang hayat); diagnostik(melihat perkembangan peserta didik dan feedback-koreksi pembelajaran), dan mengukur achievement/capaian agar dapat dilakukan evaluasi hasil pembelajaran
  • Ranah yang dinilai:
  1. Pengetahuan 
  2. Keterampilan dan
  3. Sikap dan perilaku (attitude and behavior  pembiasaan dan pembudayaan)
  • Proses penilaian: lebih sederhana, terjangkau untuk dilakukan, tidak menjadi beban bagi guru/siswa, tetapi tetap mengutamakan prinsip dan kaidah penilaian
  • Penilaian yang dilakukan tidak hanya penilaian atas pembelajaran (assessment of learning), melainkan juga penilaian untuk pembelajaran (assessmet for learning) dan penilaian sebagai pembelajaran (assessment as learning).

Penilaian Untuk, Sebagai dan Atas Pembelajaran


Pengertian Penilaian Autentik

Penilaian Autentik adalah bentuk penilaian yang menghendaki peserta didik menampilkan sikap, menggunakan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh dari pembelajaran dalam melakukan tugas pada situasi yang sesungguhnya

Tujuan Penilaian Authentic

  • Menjadikan siswa pembelajar yang berhasil menguasai pengetahuan
  • Melatih ketrampilan siswa menggunakan pengetahuannya dalam konteks kehidupannya
  • Memberi kesempatan siswa menyelesaikan masalah nyata

Prinsip Penilaian

  • Mendorong siswa berpikir krirtis dan menerapkan pengetahuan
  • Mengukur capaian kompetensi siswa
  • Penilaian berdasar kriteria (criterion-referenced)
  • Berkelanjutan, untuk perbaikan dan peningkatan
  • Analisa untuk tindak lanjut pembelajaran
  • Sesuai pengalaman belajar siswa

Prinsip Khusus Penilaian Authentic

  • Materi penilaian dikembangkan dari kurikulum.
  • Bersifat lintas muatan atau mata pelajaran.
  • Berkaitan dengan kemampuan peserta didik.
  • Berbasis kinerja peserta didik.
  • Memotivasi belajar peserta didik.
  • Menekankan pada kegiatan dan pengalaman belajar peserta didik.
  • Memberi kebebasan peserta didik untuk mengkonstruksi responnya.
  • Menekankan keterpaduan sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
  • Mengembangkan kemampuan berpikir divergen.
  • Menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari pembelajaran.
  • Menghendaki balikan yang segera dan terus menerus.
  • Menekankan konteks yang mencerminkan dunia nyata.
  • Terkait dengan dunia kerja.
  • Menggunakan data yang diperoleh langsung dari dunia nyata.
  • Menggunakan berbagai cara dan instrumen.

Tujuan Penilaian 

Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik  bertujuan untuk:
  • Formatif (membentuk karakter dan perilaku, menjadikan pembelajar sepanjang hayat – to drive learning, terampil),
  • Diagnostik (melihat perkembangan siswa dan feedback-koreksi pembelajaran), serta
  • Achievement (mengukur capaian agar dapat dilakukan evaluasi hasil pembelajaran

Prinsip-prinsip Penilaian 

  • Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik dilakukan terhadap penguasaan  tingkat kompetensi sebagai capaian pembelajaran. Jadi bukan KOMPETISI
  • Penilaian kompetensi merupakan penilaian DISKRIT bukan KONTINU
  • Penilaian DISKRIT pada skala 0 – 100
  • Penilaian dalam bentuk deskripsi dengan klasisfikasi: tidak/atau kurang kompeten, cukup kompeten, kompeten, sangat kompeten

Kriteria Ketuntasan

  • Penilaian berdasarkan Acuan Kriteria:  penilaian kemajuan peserta didik dibandingkan dengan kriteria capaian kompetensi yang ditetapkan.
  • Ketuntasan kompetensi sikap  dalam bentuk deskripsi minimal Baik.
  • Skor rerata untuk ketuntasan kompetensi pengetahuan ditetapkan minimal 60.
  • Capaian optimum untuk ketuntasan kompetensi keterampilan ditetapkan minimal 60.
  • Sekolah dapat menentukan batas ketuntasan diatas standar dengan mempertimbangkan aspek-aspek tertentu sesuai dengan karakteristik dan potensi sekolah
  • Nilai pengetahuan dan keterampilan menggunakan angka 0 - 100. (tanpa dilengkapi dengan predikat D-A )

Penyempurnaan pada Penilaian Kelas

  • Penilaian sikap dilakukan dengan menggunakan observasi yang dituangkan dalam catatan guru mata pelajaran, guru bimbingan konseling (BK), dan wali kelas yang berupa catatan anekdot (anecdotal record), catatan kejadian tertentu (incidental record), dan informasi lain yang valid dan relevan.
  • Dalam pelaksanaan penilaian sikap diasumsikan setiap peserta didik memiliki  perilaku yang baik, sehingga jika tidak dijumpai perilaku yang sangat baik atau kurang baik maka nilai sikap peserta didik tersebut dianggap sesuai dengan indikator yang diharapkan.
  • Penilaian diri dan penilaian antar teman dapat dilakukan dalam rangka pembinaan dan pembentukan karakter siswa, sehingga hasilnya dapat dijadikan sebagai salah satu alat konfirmasi dari hasil penilaian sikap oleh pendidik.

Penilaian Sikap

  • Penilaian Sikap adlah penilaian terhadap perilaku peserta didik dalam proses pembelajaran, di dalam kelas, dan di luar kelas untuk menumbuhkembangkan sikap, perilaku dan karakter setiap peserta didik.
    • Penilaian sikap Spiritual dilakukan dalam rangka membentuk sikap siswa agar mampu menghargai, menghayati, dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
    • Penilaian sikap Sosial dilakukan  utk membentuk sikap sosial siswa yang mampu menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan lingkungan alam dimana mereka berada

ALUR PENILAIAN SIKAP

Langkah-langkah membuat rekapitulasi penilaian kompetensi sikap selama satu semester:
  • Guru MP, wali kls, dan BK melakukan penilaian sikap selama pembelajaran melalui pengamatan dengan mencatat setiap kejadian yang menonjol
  • Catatan hasil pengamatan sikap yang dilakukan oleh guru  MP , wali kls, dan BK serta hasil catatan penilaian diri dan antar teman dikelompokkan ke dalam kompetensi sikap spiritual dan kompetensi sikap sosial.
  • Buat deskripsi pada kompetensi sikap spiritual dan kompetensi sikap sosial yang sesuai dengan pencapaian peserta didik berdasarkan catatan observasi.
  • Deskripsi pada kompetensi sikap ditulis dengan kalimat positif berdasarkan kumpulan hasil observasi (catatan) aspek yang menonjol.
  • Deskripsi kompetensi sikap spiritual dan sikap sosial yang belum mencapai kriteria (indikator) dideskripsikan sebagai aspek yang perlu pembimbingan.
  • Deskripsi sikap setiap siswa  oleh guru MP diserahkan ke wali kelas
  • Wali kelas mengolah deskripsi setiap siswa asuhnya untuk menjadi deskripsi sikap akhir
  • Wali kelas menulis deskrispsi sikap setiap siwa pada rapor




Keterangan

  • Penialain setiap KD dilakukan lebih dari satu
  • Skor akhir setiap KD didapat dengan cara merata-ratakan seluruh tagihan pada kelompk KD yang sama
  • Penilaian yang hanya sekali dalam satu KD maka skor akhir adalah nilai itu sendiri
  • Nilai akhir semester MP didapat dengan cara merata-ratakan skor akhir pada setiap KD.
  • Nilai akhir kompetensi pengetahuan MP Matematika = 72.
  • Nilai akhir Pengetahuan dilengkapai deskripsi kompetensi singkat yang menonjol berdasarakan histori pencapaian KD pada KI-3 selama satu semester.
  • Deskripsi nilai keterampilan diatas adalah: “Memiliki kemampuan mendeskripsikan konteks nyata kedalam konsep matriks namun perlu peningkatan pemahaman analisis nilai mutlak”

FORMAT NILAI RAPOR

  • Nilai pengetahuan  KD pada KI3 menggunakan skor rerata

  • Nilai keterampilan KD pada KI4 menggunakan rerata skor optimum
  • Penilaian KD pada KI3 dan KI4 dilakukan dengan skala 0-100
  • Rapor untuk KI1 dan KI2 bentuk deskripsi singkat hal positif/menonjol siswa dan hal-hal yang perlu mendapat perhatian
  • Rapor untuk KI3 dan KI4 untuk setiap mata pelajaran berisi nilai skala 0-100 dan deskripsi singkat capaian kompetensi siswa
  • Laporan hasil belajar SIKAP terpisah dari laporan PENGETAHUAN dan KETERAMPILAN
  • Disediakan ruang untuk tanggapan orangtua/wali sebagai bentuk komunikasi balik
  • Form revisi RAPOR sebagai berikut:

 




Aplikasi Penilaian Kurikulum 2013 Revisi

Bagi sekolah yang telah menggunakan pengolahan nilai menggunakan aplikasi e Rapor dari direktorat Pendidikan, maka  nilai yang telah didapatkan dimasukkan ke dalam aplikasi e-Rapor (sampai sekarang release e Rapor yaitu versi f yang di publish tahun 2019). Pekerjaan ini cukup menyita waktu dengan tingkat fleksibilitas yang kurang karena berbasis WEB. Tidak seperti aplikasi penilaian yang berbasisi Excel, maka untuk melihat hasil akhir pada nilai Rapor harus melalui menu tersendiri.Untuk mengatasi hal tersebut dapat digunakan aplikasi penghubung berbasis Excel yang nantinya diintegerasikan dengan aplikasi e-Rapor. Prinsip kerja dari aplikasi ini yaitu memindahkan data yang telah di inputkan melalui aplikasi penghubung (aplikasi pengolah nilai berbasis excel)  ke Template yang telah disediakan dalam e-Rapor. Templatenilai untuk masing-masing kelas dan mata pelajaran dapat diunduh pada aplikasi e-Rapor. File inilah yang nantinya kita isi. Proses pengisian nilai tidak dilakukan secara langsung pada Template yang kita unduh, tetapi melalui aplikasi Penilaian yang akan kita bahas yang berfungsi sebagai interfacenya. Setalah kita proses dengan fitur menu eksport yang ada pada aplikasi ini, maka kita tinggal melakukan proses Upload pada aplikasi e-Rapor. Cara ini ditempuh dapat mempermudah proses penilaian, karena nilai akhir dapat dilihat secara langsung perubahannya, berbeda kalau kita memasukkan secara langsung dengan menggunakan e-Rapor yang berbasis WEB. Disamping itu kita memiliki data yang berfungsi sebagai backup, sehingga kalau ada masalah dengan pengolahan nilai yang ada pada e-Rapor, misalnya terdapat gangguan pada jaringan LAN, maka kita tidak perlu bersusah payah mengentrikan kembali data mulai awal. Tinggal melakukan upload ulang. Jika ada gangguan pada sistem LAN e-Rapor, proses pencetakan rapor juga dapat dilakukan melalui aplikasi pengolah rapornya, sehingga meminimalisir faktor kegagalan dalam pencetakan rapor. Coba bapak/Ibu bayangkan kalau pelaksanaan penerimaan rapor sudah dekat tetapi terdapat gangguan pada sistem e-Rapor, maka penerimaan rapor pada  siswa bisa terganggu..

Apa yang berbeda dari Aplikasi Penilaian ini?

Pada kebanyakan aplikasi penilaian, sistem yang digunakan menggunakan sistem antrean. Ini pernah saya alami ketika sekolah saya pertama kali menggunakan aplikasi penialain. Sehingga seorang guru mata peajaran harus menunggu antrean guru bidang studi lain untuk dapat memasukkan nilaianya. Disamping itu kemampuan untuk mendiskripsikan proses penilaian yang dilakukan setiap Kompetensi Dasar kurang detail.

Sistem penilaian yang saya share kali ini menggunakan sistem modul. Artinya setiap guru mata pelajaran bisa dengan leluasa menginputkan nilai dan memprosesnya tanpa menunggu guru mata pelajaran lain selesai mengentikannya. Disamping itu data bisa di entrikan di mana saja, tidak harus di server atau komputer sekolah. Data nilai bisa di inputkan di rumah, di laptop anda dsb, karena aplikasi ini tidak tergantung lainnya.

Apa dampak Penggunaan Aplikasi ini ?

Yang jelas penggunaan aplikasi ini sangat membatu guru dalam melakukan penilaian secara tepat dan akurat, termasuk dalam pembuatan dikripsi capaian dari setiap siswa.
Dampak lain yang tak kalah penting adalah bagi sekolah. Aplikasi ini dirancang secara mandiri, sehingga setiap guru harus mengentrikan data nilainya masing-masing. Dalam jangka waktu yang pendek akan "memaksa" guru untuk belajar komputer (IT), sehingga secara tidak langsung bagi sekolah akan berdampak secara masif dalam mempelajari komputer, meskipun dalam penggunaan aplikasi ini tidak di tuntut harus pandai komputer. Dan ini sagat menguntungkan bagi performa sekolah ke depan. (Masa siswanya pada pinter komputer tapi gurunya jadul...he..he..)

Tampilan Aplikasi Penilaian Kurikulum 2013

Aplikasi penilaian Kurikulum 2013 ini baik digunakan untuk SMP dan SMA. Tampilan dari aplikasi penilaian ini dapat dilihat pada screenshot berikut :
1. Tampilan Penginputan Data Umum


2. Tampilan Memasukkan Nilai Kognitif




3. Tampilan Memasukkan Nilai Praktik


 4. Tampilan Memasukkan Nilai Sikap Sosial


5. Tampilan Memasukkan Nilai Sikap Spiritual

6. Tampilan Nilai Sikap Sosial

6. Tampilan Rekapitulasi



Bagi yang berminat dengan aplikasi Penilaian Kurikulum 2013 dapat menghubungi Bang Joen, HP : 085231150128.
Bagi sekolah-sekolah yang masih menerapkan Kurikulum 2006 (KTSP) kami juga menyediakan aplikasi Penilaian berbasis Kurikulum 2006, dengan tampilan-tampilan yang hampir sama dengan screen shoot di atas, tetapi sistem penilaiannya masih berpatokan pada aturan penilaian pada Kurikulum 2006.

Atau yang ingin memanfaatkan aplikasi ini silahkan Download gratisss disini
Herbal untuk penyakit Jantung dan Stroke. Klik di sini

Komentar

  1. jika berkenen, mohon kirimi juknis maupun juklanya tentang perubahan ini pak lewat email...terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
  2. Adakah permendikbud yang mengatur revisi dari permendikbud nomor 104 thn 2014. Terima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
  3. Bagi dong pak. Sgt bermanfaat, nr.manulang@gmail.com

    BalasHapus
  4. Bagi dong pak. Sgt bermanfaat, nr.manulang@gmail.com

    BalasHapus
  5. Pak, minta tolong bagi aplikai penilaian k13 nya pak
    Email sya..
    tamsilmoha@gmail.com
    Trimsss
    Semoga jadi amal jarriyah
    Amiiin

    BalasHapus
  6. pak mkinta aplikasi K13 dan KTSP 2006 ke email
    smk_yasiha@yahoo.co.id ato
    ochie_smk@yahoo.co.id
    terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
  7. Pak, minta tolong bagi aplikai penilaian k13 nya pak
    Email sya..
    abdulrahman.slm@gmail.com
    Trimsss

    BalasHapus
  8. minta tlg pak aplikasi k 13 DI SHARE KE suhermansonco@yahoo.com.terimaksih

    BalasHapus
  9. Waaahh bagus sekali. boleh minta bang. kalau bisa kirim ke email ku. mirtozmansa@gmail.com

    BalasHapus
  10. Tolong Bang aplikasinya di share ke enzencia@gmail.com, trims

    BalasHapus
  11. sangat bermanfaat klau boleh minta file nya bapak....
    Saipul_780@yahoo.co.id
    trimah kasih...

    BalasHapus
  12. BAGI DONG PAK KE maliasek@gmail.com
    semoga tambah bermanfa'at

    BalasHapus
  13. ASSALAMUALAIKUM,,PAK BOLEH MINTA APLIKASINYA!EMAIL SAYA :ariewilakautsar11@gmail.com

    BalasHapus
  14. ASSALAMUALAIKUM,,PAK BOLEH MINTA APLIKASINYA!EMAIL SAYA :ariewilakautsar11@gmail.com

    BalasHapus
  15. Bang bagimana dong caranya memperoleh aplikasi itu, mohon infonya Bang

    BalasHapus
  16. Dalam aplikasi nilai Excel ini, kok banyak sekali Formnya mas? ada Form1,Form2,Form3,Form4,Form5,Form6,Form7,Form8 pada hal kalau dicetak formatnya sama saja, nilai nya aja yg beda.

    BalasHapus
  17. bagus sekali infonya. walaupun memang tidak gratis, tetapi sudah disediakan konsep penilaian yang menjadi dasar pembuatan aplikasi.

    BalasHapus
  18. pa bagaimana caranya untuk mendapatkan aplikasi sya mohon bantuannya makasih
    rosmeni.said@gmail.com

    BalasHapus
  19. Bismillah, sblmnya sy ucapkn terimakasih utk tulisannya, sgt bermanfaat & mudah2an mampu sy implemetasikan dgn lancar.
    Jika berkenan, boleh tau cara mndpt aplikasinya? Mhn bantuannya. Trims
    Emal: johntehrangga@gmail.com

    BalasHapus
  20. bagus sekali pak tulisannya sangat menarik. jika boleh tau cara mendapatkan aplikasinya seperti apa ya pak, terima kasih
    email : noviliani32@gmail.com

    BalasHapus
  21. bagus pak tulisanya sangat bermanfaat , boleh minta applikasinya pak ?
    email : rimachandra11@gmail.com

    BalasHapus
  22. tulisanya bagus mohon kiranya dikirim ke email saya terima kasih

    BalasHapus
  23. tulisanya bagus mohon kiranya dikirim ke email saya terima kasih

    BalasHapus
  24. Pak minta aplikasi k13 yg sudah di revisi 2016-2017
    emailx:mayseminary77@gmail.com

    BalasHapus
  25. perkenalkan..saya desti guru di pedalaman papua tepatnya di kabuapten mappi... sy minta bantuan dari bapak, kira2 bisa tolong kirim aplikasi k13 yg sudah direvisi..karena kami mengalami kesulitan .. kiranya bapak bisa membantu....sebelumnya sy ucapkan terima kasih... alamat email saya : ibnusukarjo@gmail.com

    BalasHapus
  26. mw juga aplikasinya nya pak.. ini email saya andini.rihandi@gmail.com

    BalasHapus
  27. Kalo boleh saya minta aplikasi penilaiannya..ahmadjaya23@gmail.com

    BalasHapus
  28. Kirimi pak penilaian k13 alamat email rehucyuit@gmail.com

    BalasHapus
  29. Kirimi pak penilaian k13 alamat email rehucyuit@gmail.com

    BalasHapus
  30. Kirimi pak penilaian k13 alamat email ngganoyerilius@gmail.com

    BalasHapus
  31. Bagi-bagi Pak ke purwadi_2764@yahoo.co.id Maturnuwun

    BalasHapus
  32. Dimana bisa dibeli bukunya Admin ?
    dariyo_k@yahoo.co.id

    BalasHapus
  33. pak sudi kiranya bapak bersedia memberikan aplikasi itu ke sekolah saya

    nawaites84@gmail.com

    BalasHapus
  34. bang, tolong di share aplikasinya di inovayanis@gmail.com
    terima kasih ya bang..

    BalasHapus
  35. pak bisa minta filenya
    kirim di imamnawawi0587@gmail.com

    BalasHapus
  36. MOHON DI SHARE PAK KE EMAIL SAYA a.unang@ymail.com

    BalasHapus
  37. tolong emailkan aplikasi penilaian peserta didik smp kurtilas ke retnodamtk@gmail.com.....ditunggu ya

    BalasHapus
  38. maaf pak tidak bisa di download, tolong kirimkan ke larash13@gmail.com trims

    BalasHapus
  39. Minta aplikasi raport k13 jika berkenan, kirim ke ahmad.muhli@gmail.com

    BalasHapus
  40. Sangat membantu sekali pak..aplikasi raport k13, kebetulan di sklh sy kls 7 kurtilas dan kls 8, 9 msh ktsp. Jika Bpk berkenan tolong kirim ke gold09x@gmail.com trimakasih ya pak..

    BalasHapus
  41. Terima kasih admin yang membagi-bagi ilmunya, dari model yang ada membuka pikiran kami untuk membuat yang seperti admin bikin, mudah2n ilmunya bermafaat untuk kita semua, amin.

    BalasHapus
  42. Terimaksh pencerahan berkaitan dgn penilain K13,untuk itu mohon berbagi aplikasi rapo ke email firdaussholeh@gmail.com

    BalasHapus
  43. BOLEH KIRIM DONG PAK APLIKASINYA sri.sohriani.maulana88@gmail.com

    BalasHapus
  44. Minta ...!!!!, Beli donk!!! Kan butuh duit juga ....

    BalasHapus
  45. Kalau berkenan saya minta aplikasinya pak semoga jd amal jariyah baoaemail saya : harumganir@gmail.cim

    BalasHapus
  46. Kalau berkenan saya minta aplikasinya pak semoga jd amal jariyah baoaemail saya : harumganir@gmail.cim

    BalasHapus
  47. Terimakasih aplikasinya bs dikirim ke waspaikuningan@yahoo.com

    BalasHapus
  48. Ko' pada meminta minta sih, pak n bu guru. Apa nggak malu tuh dilihat orang. Nggak semua orang bisa lho buat aplikasi

    BalasHapus
  49. Bagaimana kami untuk dapat aplikasi penilaian ini

    BalasHapus
  50. assalamualaikum,,,
    boleh dishare pa ke dhoncrew1@gmail.com

    BalasHapus
  51. assalamu'alaikum,, bisa minta aplikasinya iqbalipi@gmail.com

    BalasHapus
  52. assalamu'alaikum,, bisa minta aplikasinya Pak.. aw3nk.cs@gmail.com ..
    trimakasi sebelumnya Pak...

    BalasHapus
  53. Aplikasi ni bisa di pakai buat guru SD pak. . ? Jika bisa tlg ya pak aplikasinya di bagi ke email saya henrizul10@gmail.com trimakasih paak.
    .

    BalasHapus
  54. BISA MINTA APLIKASINYA email kaokamenk@gmail.com
    jika berkenan

    BalasHapus
  55. BISA MINTA APLIKASINYA email kaokamenk@gmail.com
    jika berkenan

    BalasHapus
  56. BISA MINTA APLIKASINYA email kaokamenk@gmail.com

    BalasHapus
  57. BISA MINTA APLIKASINYA email kaokamenk@gmail.com

    BalasHapus
  58. BISA MINTA APLIKASINYA email asmadhi234@gmail.com

    BalasHapus
  59. aplikasinya sangat bermanfaat pak jika berkenan mhon dibagikan pak.. atas nama rosmawati email rosmawati_jalil@yahoo.com

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ulangan Berbasis Komputer CBT menggunakan Excel

Aplikasi Rubrik Penilaian