Software Aplikasi Penilaian Kurikulum 2013 dan Kurikulum 2006 Gratis!!!

Download Aplikasi Penilaian Kurikulum 2013, Download Aplikasi Pengolah Rapor, Download aplikasi Form Rubrik Penilaian, Gratis!! 

Lebih lengkap lihat di www.kurikulum2013.comze.com


www.kurikulum2013.comze.com

Proses penilaian dalam Kurikulum 2013 dituntut untuk lebih detail Dengan menggunakan pendekatan Saintifik sebagai ruh dari pembelajaran Kurikulum 2013, guru dituntut untuk lebih kreatif dalam mengeksplore kemampuan siswa dalam 3 ranah penilaian, yaitu : (1) ranah kognitif, (2) ranah praktik (psikomotor) dan ranah sikap (afektif).

Tata cara penilaian dalam Kurikulum 2013 mengalami perubahan. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 66 Tahun 2013 tentang Standar Penilaian Pendidikan menyebutkan bahwa hasil penilaian oleh pendidik dan satuan pendidikan dilaporkan dalam bentuk nilai dan deskripsi pencapaian kompetensi kepada orang tua dan pemerintah. Permen tersebut disempurnakan menjadi Permendikbud Nomer 104 tahun 2014 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Terdapat perbedaan yang mencolok dalam sistem penilaian sesuai permendikbud Nomor 104 tahun 2014 dibandingkan dengan permen sebelumnya. Hal yang membedakan terletak pada penilaian Ketrampilan (Praktik) dan penilaian Sikap (Afektif). Pada permen 104 tahun 2014 disebutkan bahwa penilaian pada ranah Ketrampilan diambil dari nilai optimum yang dicapai oleh siswa. Nilai optimum merupakan nilai tertinggi yang mampu didapatkan selama proses pembelajaran. Ini berbeda dengan aturan penilaian sebelumnya yang diperoleh dari nilai rerata. Contoh : Seorang siswa mendapatkan nilai pada praktik : 3,11; 2,72; 3,44 dan 3,81, maka nilai yang diperoleh siswa pada ranah Keterampilannya adalah 3,81, karena nilai optimum yang dicapai oleh siswa 3,81.
Sedangkan pada ranah Sikap berdasarkan permendikbud nomer 104 tahun 2014 diambil dari nilai modus. Nilai modus adalah nilai yang sering muncul yang diperoleh oleh siswa. Misalnya : seorang siswa mendapatkan nilai sikap : C K B B SB, maka nilai yang diperoleh siswa adalah B, karena nilai yang sering muncul (modus) adalah B.

Bentuk laporan hasil penilaian oleh pendidik meliputi :
1.    Nilai dan deskripsi pencapaian kompetensi untuk hasil penilaian kompetensi pengetahuan serta keterampilan termasuk penilaian hasil pembelajaran tematik-terpadu.
2.    Deskripsi sikap diberikan untuk hasil penilaian kompetensi sikap spiritual dan sikap sosial.
3.    Penilaian oleh masing-masing pendidik secara keseluruhan dilaporkan kepada orang tua/wali peserta didik dalam bentuk Laporan Hasil Belajar Peserta Didik.
    Pengembangan Laporan Hasil Belajar Peserta Didik pada dasarnya merupakan wewenang sekolah yang dikoordinasikan dengan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota. Namun demikian, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar memandang perlu disusunnya Buku Panduan Pengisian Laporan Hasil Belajar Peserta Didik dan Model Laporan Hasil Belajar Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama untuk membantu sekolah mengembangkan Laporan Hasil Belajar Peserta Didik.

Kurikulum 2013 tidak hanya menitik beratkan penilaian pada ranah Kognitif saja, tetapi pada semua aspek penilaian. Dalam kurikulum sebelumya (Kurikulum 2006), tidak semua  dilakukan penilaian, tetapi dalam Kurikulum 2013 seluruh mata pelajaran melakukan penilaian pada semua ranah.
Dalam melakukan penilaian, guru juga dituntut untuk membuat rubrik penilaian sebagai konsekuensi dari pendekatan saintifik. Sehingga guru harus benar-benar siap dan tidak melakukan penialain dengan abal-abal.

Banyak guru yang masih belum memahami cara penilaian pada Kurikulum 2013, sebab kebanyakan dari mereka menggunakan mainset lama. Oleh karena itu seorang guru harus mau belajar tentang cara penilaian dan teknik-teknik penilaian yang diterapkan dalam kurikulum 2013.

Pada bagian akhir setelah proses penilaian dilakukan yaitu bagaimana kita mengolahnya sehingga menjadi nilai akhir yang nantinya dituliskan pada rapor. Tentunya diperlukan perhitungan-perhitungan dengan menggunakan dasar-dasar yang telah disyaratkan. Ternyata dalam melakukan perhitungan pun masih cukup menyita waktu, sebab kita masih dituntut untuk melakukan konversi penilaian dan predikat serta diskripsi hasil proses penilaian yang harus dijabarkan satu persatu. Kalau ini dilaksanakan secara manual, maka cukup menyita waktu kita.

Dalam kesempatan ini saya mencoba untuk share kepada teman-teman guru tentang cara menilai dan memprosesnya secara tepat dan tepat dan dengan cara yang mudah dengan menggunakan aplikasi penilaian kurikulum 2013. Aplikasi peneliana ini sesuai bagi SMA dan yang sederajad yang telah diterapkan di beberapa sekolah di tempat kami dengan hasil yang baik.

Apa yang berbeda dari Aplikasi Penilaian ini?

Pada kebanyakan aplikasi penilaian, sistem yang digunakan menggunakan sistem antrean. Ini pernah saya alami ketika sekolah saya pertama kali menggunakan aplikasi penialain. Sehingga seorang guru mata peajaran harus menunggu antrean guru bidang studi lain untuk dapat memasukkan nilaianya. Disamping itu kemampuan untuk mendiskripsikan proses penilaian yang dilakukan setiap Kompetensi Dasar kurang detail.

Sistem penilaian yang saya share kali ini menggunakan sistem modul. Artinya setiap guru mata pelajaran bisa dengan leluasa menginputkan nilai dan memprosesnya tanpa menunggu guru mata pelajaran lain selesai mengentikannya. Disamping itu data bisa di entrikan di mana saja, tidak harus di server atau komputer sekolah. Data nilai bisa di inputkan di rumah, di laptop anda dsb, karena aplikasi ini tidak tergantung lainnya.

Apa dampak Penggunaan Aplikasi ini ?

Yang jelas penggunaan aplikasi ini sangat membatu guru dalam melakukan penilaian secara tepat dan akurat, termasuk dalam pembuatan dikripsi capaian dari setiap siswa.
Dampak lain yang tak kalah penting adalah bagi sekolah. Aplikasi ini dirancang secara mandiri, sehingga setiap guru harus mengentrikan data nilainya masing-masing. Dalam jangka waktu yang pendek akan "memaksa" guru untuk belajar komputer (IT), sehingga secara tidak langsung bagi sekolah akan berdampak secara masif dalam mempelajari komputer, meskipun dalam penggunaan aplikasi ini tidak di tuntut harus pandai komputer. Dan ini sagat menguntungkan bagi performa sekolah ke depan. (Masa siswanya pada pinter komputer tapi gurunya jadul...he..he..)

Tampilan Aplikasi Penilaian Kurikulum 2013

Aplikasi penilaian Kurikulum 2013 ini baik digunakan untuk SMP dan SMA. Tampilan dari aplikasi penilaian ini dapat dilihat pada screenshot berikut :
1. Tampilan Penginputan Data Umum


2. Tampilan Memasukkan Nilai Kognitif


3. Tampilan Memasukkan Nilai Praktik

 4. Tampilan Memasukkan Nilai Sikap/Afektif


5. Tampilan Nilai Kognitif, Ketrampilan dan Sikap


6. Tampilan Rekapitulasi


Bagi yang berminat dengan aplikasi Penilaian Kurikulum 2013 dapat menghubungi Bang Joen, HP : 085859432122.
Bagi sekolah-sekolah yang masih menerapkan Kurikulum 2006 (KTSP) kami juga menyediakan aplikasi Penilaian berbasis Kurikulum 2006, dengan tampilan-tampilan yang hampir sama dengan screen shoot di atas, tetapi sistem penilaiannya masih berpatokan pada aturan penilaian pada Kurikulum 2006.

Atau yang ingin memanfaatkan aplikasi ini silahkan Download gratisss disini
Herbal untuk penyakit Jantung dan Stroke. Klik di sini

Komentar

  1. 1xbet korean betting for today, betting on horse race - Legalbet
    1xbet korean betting for today, betting on horse race There are multiple types 1xbet вход of bets on one type of bet, such as the 1xbet,

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Aplikasi Penilaian Kurikulum 2013 Terbaru (Revisi)

Ulangan Berbasis Komputer CBT menggunakan Excel

Aplikasi Rubrik Penilaian